Dec 1, 2012

+ Perbandingan Samsung Galaxy S3 VS Samsung Galaxy Note 2, Mana yang lebih baik

Baca review udah, detail teknis udah dibacain, spesifikasi udah dibandingin, tapi masih bingung milih? Karena punya dan pakai dua-duanya, saya mau nyoba bantu ngasi gambaran perbandingan antara dua Android jagoan Samsung di tahun 2012. Nggak usah bahas angka ya, bahkan, sekalian jangan ada angka sama sekali di sini. Kalau mau teknis, banyak yang udah bikin. Ini pandangan pribadi pengguna, siapa tahu bisa membantu mikir supaya nggak salah pilih. Mikir itu penting, soalnya, benda-benda ini nggak murah. Yuk ah, kita mulai.



Pilih yang mana?

Bentuk & Ukuran: Enakan Yang Mana?
Walau lebih ramping dan tipis dari generasi pertamanya, layarnya Galaxy Note 2 lebih besar dan tetap aja termasuk smartphone paling bongsor saat ini. Yang baru pertama kali makai seri Note pasti pada awalnya akan canggung dan ragu. “Apa bener gue bakal betah makai benda segede gini sehari-hari?”. Texting dengan satu tangan jelas nyaris mustahil kecuali tangan kita segede pemain basket NBA. Tapi untungnya Samsung sadari ini dan menyediakan fitur keyboard ‘satu tangan’ yang lebih kecil dan dipepetin ke kanan layar.
Sementara itu, Galaxy S3 yang layarnya juga lebih besar dari kebanyakan smartphone masih jauh lebih nyaman digenggam dan dibawa. Ini fakta praktis. Yang tadinya tidak menyukai rancangannya yang berlekuk bisa dikagetkan nyamannya S3 di tangan. Ini kejadian sama saya. Awalnya sangat nggak suka bentuk S3, karena bulet-bulet gitu. Eh, tapi begitu megang kok nyaman? Akhirnya jadi suka banget. Kali ini, gembar-gembor rancangan bukan omong kosong, Galaxy S3 memang cukup ergonomis.
Pemenang: Galaxy S3


Layar: Mana Yang lebih Tajem & Kinclong?
Tanpa menyebut angka ukuran, kita udah tahu bahwa layar Galaxy Note 2 jauh lebih besar daripada Galaxy S3. Bahkan, lebih besar daripada Galaxy Note pertama. Tapi, karena aspek rasio (itu lho, perbandingan panjang x lebarnya) beda, Note 2 yang lebih besar malah lebih ramping daripada Note pertama. Resolusi layar Note 2 dan S3 sama persis, udah HD. Tapi ini justru bikin perbedaan yang tampak nyata.
Layar Galaxy S3 mempunyai resolusi sama dengan Note 2 tapi lebih kecil, sehingga tampilannya jadi lebih padat dan tajam daripada Note 2. Benar-benar memuaskan mata. Sementara, Galaxy Note 2 dengan resolusi sama tapi layarnya lebih besar, jadi begitu melihat pun kita merasa bahwa tampilannya tidak setajam Galaxy S3. Nah bicara ukuran, besarnya layar Galaxy Note 2 pun bukan asal besar. Ada tujuan, yaitu mengakomodir fungsinya sebagai tempat menulis menggunakan stylus. Percuma bisa buat menulis kalau ruangnya kecil. Mana yang lebih penting, ukuran atau ketajaman? Tiap orang punya prioritas masing-masing, tapi bicara tajam dan kinclong, jelas ada yang unggul.
Pemenang: Galaxy S3


Prosesor, Otak Siapa Yang Lebih Pinter?
Sudahlah, namanya juga lebih baru dan termasuk top of the line, jelas unggul Galaxy Note 2. Dengan begitu banyak kemampuan dan fitur baru, memang smartphone kelas ini jangan diberikan spesifikasi yang nanggung. Tapi unggulnya jeroan Note 2 bukan berarti membuat Galaxy S3 menjadi smartphone yang lemah. Galaxy S3 memiliki spesifikasi teknis yang membuat banyak smartphone Android iri. Saat dirilis, Galaxy S3 juga yang terkuat dan tercepat dari sisi prosesor. Apakah fakta bahwa ‘otak’ Galaxy Note 2 lebih hebat membuat S3 dianggap kurang mumpuni? Tidak sama sekali. Lagipula, pada realitanya mayoritas pengguna pun belum tentu butuh tenaga memroses setinggi yang dimiliki kedua handset ini. Bahkan bagi pengguna kasual, mungkin bahkan nggak merasakan bedanya. Galaxy Note 2 menang, namun tidak mengecilkan S3.
Pemenang: Galaxy Note 2


Sistem Operasi: Androidnya Sama Nggak?
Langsung dari pabriknya, Samsung sudah memberikan Android Jelly Bean pada Galaxy Note 2. Sistem operasi Android terkini saat tulisan ini dibuat memang membawa banyak kemampuan dan pengubahan baru. Galaxy S3 standardnya memakai Android Ice Cream Sandwich. Pada saat dirilis adalah Android paling akhir, bahkan masih belum terlalu banyak yang pakai. Tapi nggak berarti akan kalah, Samsung sudah menjanjikan akan ada upgrade ke Android JellyBean untuk Galaxy S3. Nah apakah ini akan berarti sama persis dalam pemakaian, belum tentu karena memang ada fitur berbeda yang diberikan Samsung pada Galaxy Note 2. Paling tidak, secara sistem operasi Android, keduanya akan sama-sama mutakhir.
Pemenang: Saat ini Galaxy Note 2, mungkin akan seri setelah Galaxy S3 diupdate ke JellyBean


UPDATE:  Galaxy S3 saya sudah mendapatkan update Jellybean pertama, sejauh ini belum ada fitur Note 2 yang tampak hadir, seperti di gesture dan kameranya misalnya. Jadi secara sistem operasi sudah sama-sama JellyBean, tapi fitur masih lebih banyak Note 2.


Tampilan belakang & kamera.

Kamera, Bagusan Punya S3 atau Note 2?
Nah, soal ini bisa dibilang seri kamera keduanya sama persis. Bukan cuma dari angka megapixel, tapi juga udah ngecek baca sana-sini, memang pakai modul kamera yang sama persis. Aplikasi kamera di Galaxy Note 2 memang punya kemampuan lebih, tapi itu bukan dari hardwarenya, lebih dari sistem operasi dan fitur dari Samsung. Semua itu kemungkinan besar juga akan diterima oleh Galaxy S3 dalam firmware update dari Samsung. Dua-duanya punya salah satu kamera smartphone yang terbaik saat ini, nggak usah ragu dan khawatir. Pokoknya dari sisi kamera keduanya memuaskan.
Pemenang: Seri


UPDATE: Setelah firmware update Galaxy S3 ke Jellybean, saat ini tidak tampak ada fitur Note 2 yang diberikan juga di S3. Secara kualitas, kamera tetap seri. Cuma lagi-lagi Note 2 punya fitur lebih, sedikit.


The Improved S Pen: Galaxy Note 2′s Killer Feature

Fitur: Mana Yang Lebih Inovatif?
Tarik napas dulu. Bakal panjang nih bicara fitur. Soalnya Galaxy Note 2 punya banyak sekali fitur baru. Banyaknya malah agak lebay, kalau pemakai bukan tipe yang suka ngutik setting dan baca panduan pasti akan melewatkan banyak fitur. Samsung memasukkan semua kemampuan S3 ke dalam Note 2 dan menambahkan banyak lagi. Satu dari sekian banyak misalnya Smart Stay di Galaxy S3 yang bisa mencegah layar masuk sleep mode jika ia mendeteksi mata kita sedang membaca layar. Fitur ini ada juga di Note 2 bahkan ditambah lagi dengan Smart Rotate. Handset mendeteksi orientasi mata kita, sehingga layar tidak akan berputar jika memang tidak diinginkan. Ini baru satu dari puluhan fitur yang ada di semua sisi, dari telepon sampai kamera Galaxy Note 2 yang mempunyai kemampuan mengambil beberapa foto sekaligus lalu memberikan kita pilihan memilih wajah terbaik bagi tiap orang yang ada dalam foto. Pop up browser? Single hand operation keyboard? Multi-view multi tasking? Nggak akan habis fitur Galaxy Note 2 dibahas di sini. Tapi mana seperti halnya OS, atau sistem operasi, seiring S3 yang akan mendapatkan update Android JellyBean, fitur-fitur Galaxy Note 2 bukan tidak mungkin akan segera ditemukan di S3. Bahkan sudah beredar kabar bahwa kemampuan multi-view multi tasking akan hadir di S3 sebelum akhir 2012.
Sekarang kita fokus ke satu hal dari Galaxy Note 2 yang tidak akan dimiliki oleh S3, yaitu S Pen. Jangan remehkan stylus ini. S Pen memiliki begitu banyak kemampuan dan fungsi, yang bisa membuat kita yang tidak tertarik akan stylus bisa ketagihan menggunakannya. Galaxy Note pertama sudah memperkenalkan bagaimana pena digital Samsung ini bisa dipakai untuk menulis, membuat gambar, sketsa, cropping gambar untuk ditempelkan di notepad, sekarang Galaxy Note meneruskan kemampuan itu dan menyuntikkan steroid dalam hal fitur khusus. Jika di Galaxy Note pertama penggunaan S Pen masih terbatas, di aplikasinya, di Galaxy Note 2 ia dapat berfungsi di mana saja. Akurasi stylus ditingkatkan, juga ditambahkan kemampuan baru. Tanpa menyentuh layar pun S Pen Galaxy Note 2 sudah memiliki fungsi seperti mouse-over. Pelupa dan takut kehilangan S Pen karena tertinggal? Saya sih begitu. Untungnya si Galaxy Note 2 bahkan mampu memberi tahu kita bahwa S Pen tertinggal jika kita melangkah meninggalkannya. Sangat mengesankan. Lagi-lagi, begitu banyak fitur S Pen hingga sulit dibahas semua. Dan ini lah yang tidak akan dimiliki oleh Galaxy S3.
Pemenang: Galaxy Note 2


Dua-duanya diberi batere kapasitas besar.

Stamina Batere: Siapa Yang Lebih Kuli?
Percuma kalau punya kemampuan dan kecepatan tinggi, layar besar nan jernih, tapi stamina batere memaksa kita untuk selalu mencari  ’colokan’. Capek. Dan ya reputasi smartphone sekarang begitu. Dalam hal ini, Galaxy S3 hadir kapasitas batere yang cukup besar untuk menghidupi hardware nya cukup lama. Staminanya memuaskan, ini bukan hanya dari angka ulasan tech blog, tapi pengalaman sendiri di mana  S3 bisa bertahan seharian.
Sekarang hadirlah si bongsor Galaxy Note 2 yang spesifikasi teknisnya makin tinggi dan layar makin besar. Logikanya, akan butuh tenaga makin besar juga. Untungnya, Samsung menyadari bahwa semua kelebihan Note 2 akan percuma kalau baterenya nanggung. Diberikanlah batere dengan kapasitas yang jauh lebih besar daripada Galaxy S3. Bahkan lebih besar dari Galaxy Note pertama. Hasilnya, sebuah smartphone besar nan cepat yang bisa bertahan hampir sehari penuh dalam pemakaian normal. Sesuai dengan tema review-tanpa-angka, kita rangkum menjadi kesimpulan: Galaxy S3 bisa bertahan sepanjang waktu kerja, sementara Galaxy Note bisa tetap bertahan sampai kita sudah pulang dari kantor.
Catatan penting soal batere! Walaupun colokannya USB Micro, sama kayak Blackberry dan banyak gadget lain, kedua handset ini sebaiknya pakai charger plus kabel bawaan aslinya. Terutama si Galaxy Note 2, chargernya mempunyai output lebih besar daripada charger S3 sekalipun. Dengan charger lain, kadang nggak ngejar walaupun ditulis ‘charging’. Kedua handset ini mendeteksi apakah charger dan kabelnya memang asli Samsung, jika bukan asli, untuk keamanan ia membatasi arus yang masuk sehingga butuh waktu lama untuk mengisi.
Pemenang: Galaxy Note 2

Kekuatan Fisik: Siapa Yang Lebih Tahan Banting?
Let’s face it. Smartphone bikinan Samsung nggak ada yang terasa kokoh dipegang. Semua terasa ‘plasticky’, walau sama sekali bukan berarti terasa murahan. Hanya beda sekali dengan, misalnya, kalau kita memegang Nokia Lumia 800, apalagi dibanding iPhone 4S yang feel nya kokoh kayak batu. Sudah banyak torture test di mana Galaxy S3 dijatuhkan, ditarik di aspal, dan ternyata memang bukan tipe tahan banting. Untung setidaknya panel depan S3 dibalut Corning Gorilla Glass 2 yang cukup melindungi dari baret dan benturan ringan.
Panel muka Galaxy Note 2 juga sepenuhnya ditutupi Gorilla Glass 2 ini. Namun dari berbagai uji coba di tech blog luar negeri, tampaknya Galaxy Note 2 secara mengejutkan terbukti jauh lebih ‘badak’ daripada S3. Video drop test Galaxy Note 2 yang bikin meringis membuktikan hal ini. Dijatuhkan dari sedengkul sampai dari ketinggian telinga, hanya lecet kecil, sementara yang lainnya aman. Menggembirakan sekali, karena memang sepantasnya smartphone juga jangan terlalu ringkih. Wong belinya mahal, kalau jatuh dikit aja udah pecah ya miris. Dan ya catatan, udah beli hape mahal mbok ya jangan dijatuhin.
Pemenang: Galaxy Note 2

Kesimpulan
Walau tiap kategori ada yang dianggap pemenang, tujuan bahas ini lebih buat nentuin mana yang cocok buat siapa. Dan dari pengalaman menggunakan keduanya, kesimpulan saat ini adalah bahwa:


Galaxy Note 2 for power-users.

Samsung Galaxy Note 2 untuk power-user kreatif yang menuntut produktivitas.
Seri Galaxy Note memang dirancang untuk mereka yang ingin smartphone-nya juga bisa menggantikan kertas dan alat tulis. Phablet, namanya sekarang. Sebuah solusi untuk yang merasa layar smartphone masih terlalu kecil sementara tablet terlalu besar. Fitur melimpah ruah. Power user akan dipuaskan dengan begitu banyaknya fitur untuk segala kebutuhan. Bahkan, hanya user yang benar-benar peduli untuk membaca panduan yang akan benar-benar tahu seberapa jauh kemampuan Galaxy Note 2. Kemampuan stylus S Pen di Galaxy Note 2 menakjubkan dan menyenangkan. Kehadirannya bukan lagi sekedar ‘gimmick’, namun benar-benar nyata menunjang produktivitas dan kreativitas. Lebih mudah dipakai daripada yang pertama, Samsung mengintegrasikan S Pen di hampir keseluruhan sistem operasi Galaxy Note 2. Jika tidak peduli dengan kemampuan stylus, layar besar, dan hanya mengejar spesifikasi tinggi, mungkin agak mubazir membeli Galaxy Note 2. ‘Phablet’ ini benar-benar sebuah mobile powerhouse.

Galaxy S3, for the dynamic fast movers.

Samsung Galaxy S3 untuk fast-movers yang dinamis.
Rasanya sih memang seri S adalah flagship dari smartphone Android bikinan Samsung, dan yang ke 3 ini benar-benar lompatan dari 2 generasi sebelumnya. Jika Galaxy S dan S2 terasa sekali mengekor konsep rancangan iPhone, konsep Galaxy S3 baru, segar dan original. Mudah sekali jatuh cinta pada S3, mulai dari pertama menggenggam, kekuatan konsep rancangannya terasa sekali. Spesifikasi tinggi membuatnya bergerak cepat, mulus, dan Samsung sudah memberikan komitmen untuk memperbarui sistem operasi juga fitur-fiturnya sehingga fitur dasarnya akan mengejar kemampuan Galaxy Note 2 di luar S Pen nya. Untuk mereka yang inginkan kombinasi hardware dan software tertinggi namun merasa ukuran Galaxy Note 2 berlebihan. Mereka yang ingin smartphone tercanggih, cantik, cepat dan besar namun masih ringan dan lincah, dan masih dapat sangat nyaman digunakan dengan satu tangan akan terpuaskan oleh Galaxy S3. Ia layaknya sebuah sports car bermesin besar yang canggih.

Akhir Kata
Smartphone bukan benda yang murah, kita sebaiknya cari tahu dulu kira-kira mana yang akan ideal untuk kita. Bukan sekedar ngejar spesifikasi yang lebih tinggi, lebih baru, lebih besar. Nah, semoga dengan pengalaman dan opini yang saya bagi di sini, jadi lebih bisa mendapat gambaran, mana yang sepertinya lebih cocok. Pastinya lebih bagus lagi kalau sempat coba dulu, entah ke showroom atau pinjam punya teman.
Sebagian orang akan bilang bahwa Galaxy S3 dan Galaxy Note 2 adalah dua binatang yang berbeda, jadi nggak bisa dibandingkan. Kalau mobil, mungkin seperti membandingkan Ferrari dengan Porsche Cayenne. Nggak apa, realitanya kadang kita memang mesti milih diantara dua benda yang nggak sepenuhnya sama. Yang sudah memakai Galaxy Note pertama hampir pasti akan suka sekali dengan Galaxy Note 2. Tapi bagi yang memakai Galaxy S3, kemungkinannya 50-50. Bisa jadi tetap lebih memilih Galaxy S3 karena memang ukuran Galaxy Note 2 bukan untuk semua orang. Saya sendiri? Pada awalnya merasa ragu karena canggung dengan ukuran Note 2 namun setelah beberapa hari benar-benar jatuh cinta dan tidak ingin kembali ke S3.
Jadi, pilih mana, Galaxy S3 atau Note 2? Semoga tulisan ini sedikit memberi pencerahan. Terima kasih sudah mampir dan baca sampai sini, semoga membantu.

Artikel Terkait

3 comments:

  1. Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo menyambut bulan suci rahmadan Nabila Shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com/.

    Ready Stock!
    BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock!
    Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 800 - Matt Black.Rp.1.700.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia-710-whiteRp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Nokia C2-06 Touch & Type -Dual GSM-Rp.450.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 710 - Black.Rp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black.Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel).Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB.Rp.700.000.
    Ready Stock!
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue.Rp 1.700.000.
    Ready Stock!
    Acer Aspire One AOD270 10.1.-Rp. 1.000.000,-
    Ready Stock!
    Acer TravelMate TM8481-2462G32.Rp. 1.400.000
    Ready Stock!
    Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook.Rp. 1.100.000,-
    Ready Stock!
    Nikon D7000 kit 18-105mm.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr.Rp 1.300.000.
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix L 120 Red.Rp. 900.000
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix P 500 Black.Rp 1.000.000
    Ready Stock!
    Conon d650kit 18-55mm Rp.250.00000

    ReplyDelete